Thursday, May 27, 2010

Waktu Terbaik Untuk Makan Obat Kolesterol

Istri saya sakit tapi gak jelas penyakitnya. Setetah melalui beberapa tes ternyata inti permasalahannya adalah kolesterol sangat tinggi yaitu 260. Saya ikut juga di ngetes ternyata sangat mengejutkan yaitu 380. Padahal saya sehat sehat saja. mungkin dari makan ya. salah satunya dari waktu makan.
Ya, ngomongin soal kolesterol lagi nih :D Dalam 1 bulan belakangan ini saya mengalami hal yang tidak mengenakkan, tapi memberi hikmah. Sudah lebih dari 10 tahun saya tahu bahwa saya mempunyai kadar kolesterol dalam darah yang tinggi, tapi saya tidak ada keluhan apa pun sama sekali. Saya sempat makan berbagai macam obat, dan setelah kolesterol turun makan Vytorin, sudah lebih dari 1 tahun ini saya tidak makan obat lagi. Kenapa? Malas :blush:
Kurang lebih satu setengah bulan yang lalu ketika sedang bekerja, tiba-tiba ada yang aneh dengan mata saya. Agak sedikit berkunang-kunang, dan jadi sulit membaca. Ya, saya mengalami gangguan penglihatan! Tapi sama sekali tidak gelap, juga bukan berbayang, hanya apa yang saya lihat, terutama tulisan perlu waktu cukup lama untuk membacanya. Ah, sulit dijelaskan dengan kata-kata! Hal ini berlangsung sekitar setengah jam.
Saya lalu ke dokter spesialis mata, dokter Lakshmi. Dokter bilang saya terserang penyempitan pembuluh darah sementara. Nothing to worry about. Dia beri saya obat, saya pun santai. Dan saya pun sudah lupa akan kejadian yang mengejutkan itu. Dua minggu lalu, hal yang sama terjadi lagi. Kali ini kejadiannya lebih singkat. Saya ke dokter lagi, dan dokter bilang bahwa ini harus ditangani serius, karena kejadiannya berulang dalam waktu singkat.
Dokter menyuruh saya tes laboratorium, tes darah dan kolesterol. Begitu dia menyebutkan kolesterol, saya langsung curiga bahwa ini dia penyebabnya. Setelah tes darah, ternyata hasilnya membuat Dokter Lakshmi yakin bahwa penyebab apa yang saya alami adalah kolesterol saya ini. Kolesterol total saya 374 dari normal 200. Kolesterol baik (HDL) jauh di bawah normal, 24 dari seharusnya minimal 40. Dan kolesterol jahat (LDL) jauh sekali di atas normal, 298 dari seharusnya paling tinggi 129. :nono1:
Dokter bilang saya mengalami transient ischemic. Saya googling di internet, ternyata yang namanya transient ischemic itu sama dengan mini stroke! Ini merupakan pertanda akan stroke yang sesungguhnya. Aduh!! Saya beresiko sekali kena stroke! :cry:
Dokter Lakshmi merujuk saya untuk ke dokter Pintoko, seorang dokter ahli jantung terkenal di Bandung. Beliau mengatakan bahwa kolesterol saya ini mau tidak mau harus diturunkan sekarang juga! Besoknya saya ke dokter Pintoko, dan setelah diperiksa beliau mengatakan bahwa jantung saya masih bagus :thumbup: cuma memang kolesterol harus diturunkan, karena pembuluh darah mata sangat kecil sekali, dan kemungkinan besar sudah kolesterol saya sudah menumpuk di sana.
So, selama tiga bulan ini setiap hari saya makan obat, dan harus jadi full vegetarian. Jaga makan. Tidak boleh makan daging sama sekali. Tidak boleh makan makanan yang berlemak, kacang-kacangan. Juga tidak boleh terlalu banyak makan yang mengandung karbohidrat seperti nasi putih, kentang, dan roti biasa. Kalau mau makan roti dan nasi, harus makan roti gandum dan nasi merah. Juga tidak boleh terlalu banyak makan yang manis-manis. Ah.. sengsara juga lho.. teman-teman di kantor kemarin makan donat, saya cuma bisa melihat penuh harap. Kalau ada acara atau ada yang mau traktir makan, paling saya bisa makan salad dan buah saja :cry:
Dan yang tambah menyedihkan, obat-obatannya harganya mahal! Lalu makanan-makanan yang rendah lemak yang boleh saya makan juga harganya lebih mahal daripada makanan-makanan biasa. Minyak jagung lebih mahal dari minyak biasa. Beras merah lebih mahal dari beras putih. Roti gandum pun lebih mahal dari roti biasa. Hiks…
Tapi gapapa lah, yang penting sehat dan terhidar dari stroke yang mengerikan itu. Oh ya, dari tadi postingan ini belum berhubungan sama judulnya ya :grin3: Dokter Pintoko mengatakan bahwa supaya obat terserap tubuh dengan lebih baik, obat kolesterol sebaiknya dimakan tepat sebelum tidur di malam hari. Hmm.. kalau obat lain selain obat kolesterol sama juga gak ya?
http://smaknegla.blogspot.com/

No comments: